Search

Tafsir Jalalain Tambhena Ate Pertemuan Ke 98

Bondowoso, Media Al-Ishlah — Sabtu, 1/1/2022. Pengajian rutin bulanan “Tambhena Ate”  Tafsir Jalalain pertemuan ke 98 dilaksanakan di Masjid Kembar Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso. Pengajian dimulai setelah sholat maghrib berjamaah. Kajian tafsir diasuh langsung oleh Ustadz H. Habibi Hamzah Lc M.Pd.

Sebelumnya, Pimpinan Ponpes Al-Ishlah Bondowoso, Abi K.H. Thoha Yusuf Zakariya Lc. memberikan sambutannya. Menyampaikan 6 wasiat dari Allahuyarham Abi K.H. Muhammad Ma’shum, pendiri Ponpes Al-Ishlah. Yakni, 1. Selalu mengingat Allah. 2. Tiada malam tanpa sholat tahajud. 3. Tiada hari tanpa baca Al-Qur’an. 4. Selalu beristighfar. 5. Sedekah walaupun hanya dengan senyum. 6. Selalu mengajak orang berbuat baik.

Baca juga: Santri PonPes Al-Ishlah Bondowoso Bisa Menulis Cerpen

Baca juga: KMI Putri Menyelenggarakan Family Gathering

Setelah sambutan Kiai, pengajian tafsir Al-Qur’an diasuh oleh ust. Habibi Hamzah Lc M.Pd. Pada kesempatan ini, ayat yang dikaji adalah QS. Al-Baqoroh ayat 183 dan 184, yang isi kandungannya tentang perintah puasa Ramadhan dan hal-hal yang membolehkan untuk tidak berpuasa.

Ust. Habibi menjelaskan, bahwa pada kedua ayat ini Allah mensyariatkan hambanya untuk berpuasa Ramadhan. Selain itu, Allah juga memberi keringanan untuk tidak berpuasa bagi orang mempunyai uzur, seperti orang sakit dan orang dalam perjalanan. (Reporter: Khoiron Utsman, Fotografer: Hafidz, Editor: M. R. Ridho)

Inspirasi Kehidupan

Informasi PSB Tahun Pelajaran 2024/2025

Pendaftaran Santri Baru (PSB) KMI Al-Ishlah Putra & Putri Tahun Pelajaran 2024/2025 dibuka pada tanggal 1 November 2023 s.d. 30 Juni 2024

Days
Hours
Minutes
Seconds