1. Home
  2. »
  3. Profil SD Plus

Profil SD Plus

Setiap orang tua mengharapkan putra-putrinya berkembang menjadi generasi masa depan, yang Shalih (unggul), memiliki bekal iman dan Taqwa, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka dalam rangka mewujudkan terbentuknya SDM yang berkualitas dalam IPTEK maupun IMTAQ-nya, SD Plus Al-Ishlah menyelenggarakan pendidikan terpadu dengan menekankan ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik secara proporsional dan integratif.

Visi

Terwujudnya generasi Sholeh, sehat, cerdas, mandiri dan kreatif yang berguna bagi agama, bangsa dan negara.


Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan modern yang Islami dengan memadukan ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
  2. Membangun motivasi untuk mencintai ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Mengembangkan komunikasi dasar dengan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  1. Pembelajaran Al-Qur’an
  2. Tahfidzul Qur’an
  3. Terjemah Al-Qur’an
  1. Memiliki aqidah shohihah
  2. Beribadah dengan kesadaran
  3. Berkepribadian baik
  4. Berbakti kepada orang tua
  5. Terampil dan senang membaca Al-Qur’an
  6. Hafal Juz ‘Amma, Juz 29, 1, 2 Asmaul Husna, Do’a-Do’a Harian dan Hadits-Hadits
  7. Memiliki kemandirian dan keberanian
  8. Berprestasi di bidang akademik
  9. Senang membaca dan dapat membaca secara efektif
  10. Memiliki budaya yang bersih dan berprilaku sosial yang baik
  11. Memiliki kemampuan bahsa Inggris dan Arab tingkat dasar
  12. Terampil menggunakan komputer program Microsoft Word dan Excel

Program pendidikan SD Plus Al-Ishlah berdasarkan Kurikulum Nasional dengan pendekatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) secara terpadu meliputi Kurikulum Diknas (SD) dan Kurikulum Kemenag (MI), selain itu juga dikembangkan kurikulum lokal guna menunjang Kurikulum Nasional meliputi; Pendidikan ibadah terpadu, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dan kajian Perpustakaan.

Implementasi kurikulum diaktualisasikan dalam program akademik:

  1. Intrakurikuler, yakni pembelajaran di dalam kelas
  2. Co-kurikuler, berupa tugas tersendiri yang terstruktur
  3. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Program unggulan yang diharapkan siswa kelas 2 (dua) atau 3 (tiga) sudah lancar membaca Al-Qur’an
  4. Tamyiz, merupakan program unggulan yang diharapkan siswa kelas 4 (empat) sudah dapat menerjemahkan Al-Qur’an
  5. Kegiatan Ibadah Praktis (KIP), kegiatan ini mengarahkan siswa pada kesadaran yang tinggi terhadap penghambaan kepada Allah Subhanahu wata’ala
  6. Kegiatan Kajian Perpustakaan (KKP), menanamkan suka membaca kepada anak-anak yang harus dimulai sejak dini. Dengan kajian perpustakaan akan membentuk anak memiliki kebiasaan membaca yang baik, menelaah bacaan dan kemampuan berbahasa dengan baik dan benar
  1. Tartil Al – Qur’an
  2. Pramuka
  3. Mewarnai
  4. Beladiri Karate
  5. Beladiri Tapak Suci
  6. Kelas menulis kreatif
  1. Gedung representatif
  2. Masjid
  3. Perpustakaan
  4. Laboratorium komputer
  5. Lapangan olahraga
  6. Majalah dinding
  7. Sarana bermain