Catatan Dr. KH. Muhammad Habib Chirzin Saat Berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso

Ketika Pondok Pesantren ini berdiri, pada th 1970, jumlah santrinya ada 3 orang, berasal dari desa Dadapan dan Kediri. Saat ini ada 1538 santri dari berbagai daerah di Indonesia, Aceh sd Papua.

Pada masa awal berdiri, luas tanah pesantren ini ada 0,5 ha. Saat ini telah berkembang menjadi 13,5 ha. Terletak di desa Dadapan, Kecamatan Grujugan, kabupaten Bondowoso. Tanah wakaf ini masih terus berkembang.

Pada saat ini Pondok Pesantren Al Ishlah dipimpin oleh Kiai muda, KH Thoha Ma’shum, alumni Gontor dan Al Azhar, Cairo, putra Kiai Muhammad Ma’shum, sahabat baik dan kakak kelas saya di PM Gontor. Kyai yang berjiwa entreprenuer dan mempunyai kemampuan komunikasi yang sangat baik.

Selepas acara tasyakkur Seperempat Abad, di Pondok Pesantren Darul Istiqomah, yg juga di Bondowoso, kami bersama Kiai Hassan Abdullah Sahal, Kiai Masykur Muid, Dr. Ir. Habib Ichsan dll , singgah bersillaturrahim ke Pondok Pesantren Al Ishlah.

Suasana ketertiban dan kebersihan di Pondok ini menonjol. Bangunan dan halaman tertata baik.

Materi Kajian

Inspirasi Kehidupan

Informasi PSB Tahun Pelajaran 2024/2025

Pendaftaran Santri Baru (PSB) KMI Al-Ishlah Putra & Putri Tahun Pelajaran 2024/2025 dibuka pada tanggal 1 November 2023 s.d. 30 Juni 2024

Days
Hours
Minutes
Seconds