News Detail

Pendaftaran Santri Baru KMI Tahun Pelajaran 2021/2022

Rabu, 1 Juli 2020


A. VISI DAN MISI PENDIDIKAN

Visi : Menjadi lembaga pendidikan islam terunggul dalam dunia pendidikan, da’wah dan sosial ‘ala manhajil qur’an was sunnah ash shohihah dan dalam mencetak generasi atau santri menjadi generasi atau santri yang benar dan pintar dengan pengertian yang sesungguhnya yaitu sholeh, mushleh dan ‘alim ‘amil.

Misi

  1. Mengajarkan santri dengan pengetahuan akademik dan cara berfikir yang benar sesuai kebijakan kurikulum yang sistemik dan terpadu.
  2. Membimbing pembentukan ‘aqidah shohihah, tauhid, keimanan dan akhlaqul karimah pada diri santri sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.
  3. Menumbuhkan kesadaran dan tanggungjawab santri tentang da’wah, amr ma’ruf dan nahi mungkar dengan penyiapan wawasan da’wah, sosial dan keterampilan hidup yang kompetitif.
  4. Mengembangkan hubungan sinergis antara institusi keluarga dan KMI dalam rangka maksimalisasi proses dan hasil pendidikan.
  5. Membangun kerjasama produktif antara KMI, wali santri, institusi pemerintah dan lingkungan masyarakat

B. PROGRAM PENDIDIKAN

  1. Kulliyatul Muballighien al-Islamiyyah (KMI) Al-Ishlah untuk Putra, Kulliyatul Muballighaat al-Islamiyyah (KMI) Al-Ishlah untuk Putri, masa belajar 6 tahun. Di dalamnya terdapat program Takhasus (i’dad) dan program Tahfudzul Qur’an beserta tarjamah dengan target hafalan minimal 8 juz. Telah mendapatkan SK Mua’adalah/ disamakan dan diakui dari Kementrian Agama, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2016 dengan :
    • Nomor 4891 setara Madrasah Tsanawiyah (MTs)/Sederajat.
    • Nomor 4892 setara Madrasah ‘Aliyah (MA)/Sederajat.

C. PERSYARATAN PENDAFTARAN (Santri KMI Putra dan Putri)

  1. Calon Santri adalah muslim yang memiliki niat shohihah dan semangat yang tinggi untuk thalabul ‘ilmi (menuntut ilmu) serta berakhlaqul karimah dan didukung sepenuhnya oleh karena kesadaran orang tua/wali santri.
  2. Tamat SD / MI / sederajat untuk kelas 1 (satu) KMI
  3. Tamat SMP / MTs / sederajat untuk kelas Takhasus/Intensif KMI
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran, Permohonan Menjadi Santri dan Pernyataan Wali Santri serta Surat Pernyataan Kesanggupan Menaati Tata Tertib Disiplin Santri
  5. Menyerahkan berkas Administrasi sebagai berikut :
    • Fotocopy kartu keluarga (3 lembar)
    • Fotocopy Akte Kelahiran (3 lembar)
    • Pas Foto Ukuran 3×4 (4 lembar)
    • Pas Foto Ukuran 4×6 (3 lembar)
    • Fotocopy KTP Ayah (3 lembar)
    • Fotocopy KTP Ibu (3 lembar)
    • Surat Keterangan Sehat dari Dokter
    • Fotocopy Ijazah terakhir dilegalisir (3 lembar bolak balik) (boleh menyusul)
    • Fotocopy SKHUN / SKL legalisir (3 lembar) (boleh menyusul)
    • Surat keterangan mempunyai NISN dari sekolah asal
    • Fotocopy Kartu Sosial (PKH, KIS, KIP, Jamkesmas, dll) 3 lembar (Jika ada/punya)
    • Surat Pernyataan Wali santri (Di Download)
    • Surat permohonan menjadi santri (Di Download)
  6. Membayar Uang Adminsitrasi Pendaftaran sebesar Rp. 250.000,-
  7. Sanggup Membayar Infaq Syahriyah/Bulanan sebesar Rp. 700.000,- per orang (bagi yang mampu) untuk biaya Edukasi, Konsumsi, Akomodasi, Ekstra dll.
    • Khusus untuk yang kurang / tidak mampu membayar Infaq Syahriyah/Bulanan secara penuh akan mendapat bantuan dari Yayasan Al-Ishlah sesuai dengan tingkat  ketidakmampuan-nya dan bahkan bisa GRATIS (tanpa bayar) dengan syarat  membawa  Surat Keterangan  Tidak Mampu ( SKTM ) dari Lurah / Kepala Desa atau Pimpinan Ormas Islam ( NU, Muhammadiyah atau yang lainnya ) atau lembaga sosial (panti asuhan dsb).

D. WAKTU PENDAFTARAN

  1. Gelombang I : 1 November – 31 Desember 2020
  2. Gelombang II : 1 Januari – 31 Maret 2021
  3. Gelombang III : 1 April – 22 Mei 2021

E. TEMPAT PENDAFTARAN DAN WAKTU PELAYANAN

  1. Pendaftaran santri baru bertempat di Kantor Sekretariat Pendaftaran Santri Baru Pondok Pesantren Al-Ishlah, Jl. Raya Km. 07 No. 17-19 Dadapan Grujugan Bondowoso Jawa Timur 68261
  2. Waktu Pelayanan
    • Pagi : 08.00 – 11.00
    • Siang : 13.00 – 14.30
    • Sore : 16.00 – 20.00

F. WAKTU MENETAP DAN JADWAL KEGIATAN SANTRI BARU KMI

NO WAKTU KEGIATAN
1.1 Juni 2021 Santri Baru menetap di Pesantren
2.2 Juni 2021Pertemuan wali santri baru bersama pengurus KMI dan Pondok
3.5 Juni 2021Ujian lisan
4.6 Juni 2021Ujian tulis
5.7 – 13 Juni 2021Usbu’ut ta’aruf (pekan perkenalan)
6.14 – 20 Juni 2021Usbu’ul musabaqah (pekan perlombaan)
7.21 Juni 2021Khutbatul Arsy dan Pembukaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) TP 2021/2022

Ketentuan dan Peraturan:

  1. Ujian Tulis dan Lisan dilaksanakan bukan merupakan tes seleksi, namun untuk mengetahui nilai akademik santri baru dan hasilnya digunakan untuk penempatan kelas.
  2. Santri baru selama 1 bulan tidak boleh di jenguk maupun ditelpon
  3. Liburan 2 x dalam 1 tahun (Libur Semester 1 / pertengahan tahun dan Libur Hari Raya `Iedul Fitri )
  4. Santri wajib mengikuti seluruh kegiatan dan aturan-aturan pondok.

G. BIAYA PANGKAL PENDAFTARAN SANTRI BARU

I. PEMBIAYAAN SANTRI BARU KMI PUTRA

NO JENIS BIAYA NOMINAL
1Pendaftaran250.000
2Infaq Bulan Pertama700.000
3Seragam Tapak Suci dan kemeja putih300.000
4Pembelian Kitab (kelas 1)760.000
5Pembelian Kitab (kelas Takhasus) 650.000
6Pembelian Lemari600.000
7Biaya kegiatan selama 1 tahun685.000
8Perlengkapan santri400.000
TOTAL KELAS 1 (PUTRA)3.695.000
TOTAL KELAS TAKHASUS (PUTRA) 3.585.000

II. PEMBIAYAAN SANTRI BARU KMI PUTRI

NO JENIS BIAYA NOMINAL
1Pendaftaran250.000
2Infaq Bulan Pertama700.000
3Seragam915.000
4Pembelian Kitab (kelas 1)715.000
5Pembelian Kitab (kelas Takhasus) 730.000
6Pembelian Lemari600.000
7Biaya kegiatan selama 1 tahun512.000
8Perlengkapan santri393.000
TOTAL KELAS 1 (PUTRI) 4.085.000
TOTAL KELAS TAKHASUS (PUTRI) 4.100.000

Catatan :

Apabila santri telah terdaftar dan yang bersangkutan mengundurkan diri, maka uang pendaftaran sejumlah Rp 250.000,00 tidak dapat dikembalikan dan biaya pangkal lain dapat dikembalikan sesuai perjanjian dan kebijakan Pesantren.

H. KONTAK PERSON

NO UNIT PENDIDIKAN NO. KONTAK NAMA
1.Panitia Putra082143901334
085336125345
Ustadz Mujahidin
Ustadz Firman
2.Panitia Putri085330235760
085234825621
Usth. Miftahul Jannah
Usth. Rahmah

Contact Person lainnya, klik tautan ini!


I. PROSEDUR PENDAFTARAN (KHUSUS UNTUK JENJANG KMI)

  1. Offline : Datang langsung ke Kantor Sekretariat Pondok Pesantren Al-Ishlah Bondowoso. Dengan membawa berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan
  2. Online : Klik tautan di bawah ini:

PORTAL PENDAFTARAN ONLINE

https://santri.alishlah.ponpes.id/

Untuk panduan pendaftaran Online, klik tautan ini!


Last Update : 02 Desember 2020

Share this post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

POSTINGAN TERKAIT